Bazda Mamuju Salurkan Bantuan Sembako, 2,5 Persen Zakat Profesi ASN Turut jadi Penyumbang

MAMUJU – Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Mamuju menyerahkan bantuan Sembako kepada Asnaf, fakir miskin yang memang layak menerima bantuan, penyerahannya dilakukan secara simbolik di halaman kantor Bazda Mamuju Jalan. KS Tubun dari Bupati H.Habsi Wahid kepada para lurah untuk diteruskan kepada penerima bantuan di wilayah masing-masing.

Kepala Bazda Mamuju, H.Arifin HP Dara mengatakan, dari bantuan tahap pertama disalurkan hari ini, adalah akumulasi dari zakat dan sedekah sejumlah para wajib zakat dan para dermawan, serta banyak terbantu dari zakat profesi ASN Pemkab Mamuju, atas kebijakan pimpinan daerah yang mewajibkan 2,5 persen gaji ASN. Pemkab Mamuju disalurkan ke Bazda sebagai penerimaan zakat profesi dimana telah diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) diteruskan dengan Peraturan Bupati (Perbup).

Bacaan Lainnya

Secara rinci Sekretaris Bazda Mamuju H.M.Muhtar mengatakan, untuk zakat profesi ASN Pemkab Mamuju yang telah terkumpul perbulan Maret 2020 sebesar Rp150 juta, nilai inilah yang juga menjadi akumulasi bantuan yang disalurkan sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh Bazda Mamuju dalam menyasar delapan Asnaf penerima zakat.

Melalui Bupati Mamuju H.Habsi Wahid mengatakan, dirinya telah meminta agar Bazda Mamuju mempercepat penyaluran bantuan awal kepada penerima zakat, selain untuk mengurangi beban masyarakat atas dampak sosial yang ditimbulkan penyebaran corona virus disease (Covid-190, juga terlebih bebarapa saat lagi umat akan memasuki bulan suci Ramadhan, diharapkan dari bantuan tersebut akan menjadi akumulasi upaya pemerintah daerah dalam menyiapkan jaring pengaman sosial kepada warga terdampak langsung virus corona.

“Selain ini kita juga telah mempersiapkan bantuan sepuluh ribu paket Sembako yang akan dibagikan masing-masing rata-rata seribu paket untuk tiap kecamatan, juga kita tengah siapkan bantuan tunai langsung kepada masyarakat Mamuju yang juga nanti akan kita salurkan dalam waktu dekat ini,” papar Habsi Wahid.

Ditempat berbeda, salah seorang penerima bantuan Momiah warga Kelurahan Mamunyu, meski terbatah-batah mengatakan, sangat berterimakasih atas adanya bantuan tersebut, ia secara khusus menyampaikan salam kepada bupati Mamuju atas perhatiannya kepada masyarakat kurang mampu.

“Terimakasih Pak Bupati, bersyukurki’ ini, karena mau topa mi’ bulan puasa,” kata ibu paruh baya tersebut dengat logat bahasa Mamuju.#Hms/Red/Jay.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *