Kabar Baik Buat Penderita Gula Darah Tinggi, Ini Cara Minum Kopi untuk Cegah Diabetes

KESEHATAN | KOREKSINEWS.id – Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Mulai dari anak muda, hingga orang tua. Selain efeknya yang bisa memperbaiki suasana hati dan berpengaruh pada produktivitas seseorang, gemar meminum kopi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu khasiatnya adalah dapat mencegah penyakit diabetes. Apa benar demikian?

Bacaan Lainnya

I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam – Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi memaparkan jumlah kandungan yang ada pada kopi.

Kopi memiliki kandungan yang berefek pada tubuh. Seperti polifenol yang ternyata dapat mencegah sejumlah penyakit tertentu. Polifenol yang tergolong sebagai zat antioksidan.

Nah, polifenol ini dapat mencegah berbagai penyakit termasuk diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

“Minum kopi bisa mencegah diabetes tergantung bagaimana kopinya,” papar dia, belum lama ini di Eka Hospital, Bekasi, Jawa Barat.

Bagi penderita diabetes atau orang sehat yang suka minum kopi setiap hari, dengan mengonsumsi makanan atau minuman tinggi antioksidan mampu mengurangi risiko ini.

Maka dari itu, ketika ingin mendapatkan khasiat kopi dalam mencegah diabetes, setidaknya perlu memperhatikan minuman kopi seperti yang kita konsumsi.

“Kopinya tentu kopi hitam dan bukan kopi instan atau kopi saset, ya,” ujar dokter Adhiarta.

Hal ini bisa terjadi karena kopi tidak ada hubungannya atau tidak berdampak pada peningkatan kadar gula dalam darah.

Tetapi, ketika keseringan minum kopi dengan campuran gula, susu atau bahkan krimer, campuran itulah yang memicu kenaikan kadar gula darah.

Hal inilah yang bisa menyebabkan resistensi insulin yang memicu gangguan metabolik, kemudian muncul diabetes.

“Minum kopi itu yang benar itu dengan air. Kita lihat budaya Barat. Mereka minum kopinya itu espresso (atau kopi hitam tanpa gula). Kalau di kita minumnya cappuccino, latte. Itu gulanya tinggi,” tandas dokter Adhiarta. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *