Kabid Dokkes Polda Sulbar: Ketawa Dapat Meningkatkan Imun Tubuh dan Awet Muda

MAMUJU – Selain dapat menghilangkan stres yang berlebihan, dengan ketawa ternyata imun (sistem kekebalan) tubuh akan lebih meningkat sehingga, serangan penyakit berbahaya dapat dibendung.

Saat tertawa, beban pikiran akan sedikit berkurang, sehingga perasaan anda akan lebih lega.

Bacaan Lainnya

Hal ini disebabkan karena berkurangnya produksi hormon pemicu stres, seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin, serta meningkatnya produksi hormon endorfin saat tertawa.

Manfaat lainnya adalah menyehatkan jantung, mengurangi depresi dan banyak manfaat lainnya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kabid Dokkes Polda Sulbar AKBP Drg. Zakir saat memimpin apel pagi, Kamis (14/5/2020) di lapangan apel Mapolda.

Menurutnya, dari pada kita sibuk mencari informasi perkembangan COVID-19 yang hanya akan menjadi beban pikiran dan menambah kekawatiran, lebih baik kita membicarakan hal-hal yang menarik sehingga dapat memicu suasana hati tetap ceriah sehingga kekebalan imun tubuh meningkat.

Meski manfaat tertawa bagi kesehatan masih terus diteliti lebih lanjut, namun tak ada salahnya jika menghiasi hari-hari  dengan canda tawa.

“Ketika menghadapi suatu masalah, cobalah untuk melihatnya dari sisi lain dan tertawakanlah “kebodohan” yang mungkin telah Anda perbuat, agar Anda dapat merasa lebih baik,” sebut Kabid Dokkes.

“Jika Anda selalu diselimuti oleh suasana tegang, anda bisa tertawa dengan menonton tayangan komedi, cerita dan video lucu untuk mengembalikan tawa Anda, karena kesehatan itu mahal harganya,” tandas Kabid Dokkes.#Rls

Editor:Jaya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *