Kepala DTPHP Sulbar Tinjau Nursery Tanaman Sayur Berbasis Smart Farming di Desa Salubarana

MAMUJU -Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muhtar bersama Tim Monev Kementan RI meninjau pembangunan Nursery Tanaman Sayuran di Desa Salubarana, Kecamatan Sampaga, Kabupaten Mamuju, Rabu 27 Desember 2023.

Pembangunan Nursery tersebut atas biaya dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan RI Tahun Anggaran 2023. Luas bangunan 300 Meter², dilengkapi dengan fasilitas penyiraman dan pengontrol suhu dan kelembaban, yang bisa dioperasikan secara digital menggunakan teknologi Smart Farming.

Bacaan Lainnya

Kepala DTPHP Sulbar Muhtar mengatakan, dengan fasilitas itu petani diharapkan bisa memacu luas pertanaman sayuran khususnya cabai , tomat, dan semangka sebagai komoditi andalan di Desa Salubarana.

“Mereka tidak lagi melakukan pembibitan sendiri-sendiri tinggal memesan ke Nursery secara gratis ataupun sekedar mengganti biaya produksi ke kelompok,” kata Muhtar.

Muh. Fadil selaku Ketua Kelompok Tani “Pelopor Petani Muda Keren” penerima bantuan tersebut menyampaikan, kapasitas produksi bibit sayuran bisa mencapai 3 juta pohon/tahun, berupa bibit cabai, tomat, dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan lainnya. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *