Manfaat Olahraga Karate untuk si Kecil

KOREKSINEWS.id – Dengan teriakan kencang, sang buah hati melakukan tendangan ke udara dengan kaki kecilnya. Aktivitas seperti karate merupakan cara yang menyenangkan bagi anak Anda untuk mencapai tingkat kebugaran tertentu dan melatih fokusnya.
Di usia 6 tahun anak sudah memiliki cukup kontrol terhadap otot-otot tubuhnya dan dapat memutar tubuhnya dengan baik dan aman. Kedua kemampuan ini merupakan hal yang penting dimiliki agar si kecil dapat melakukan tendangan.

Nah, berikut ini beberapa manfaat bela diri karate untuk anak yang akan membuat Anda semakin yakin untuk mengajak si kecil berlatih :

Bacaan Lainnya

1. Sehat dan bugar
Selain untuk pertahanan, fungsi utama seni bela diri karate adalah kesehatan. Karena itu, bela diri karate masuk cabang olahraga. Ketimbang membiarkan anak Anda bermain gadget, lebih baik mengajaknya berlatih bela diri. Anak-anak yang berlatih bela diri biasanya memiliki tubuh yang lebih bugar ketimbang teman-temannya. Selain untuk kesehatan, yang pasti bela diri bisa membuat anak Anda lebih bugar.

2. Belajar fokus dan tenang

Bela diri mengajarkan anak untuk fokus. Fokus akan ancaman yang datang terhadapnya, maupun fokus merespons setiap ancaman tersebut. Selain itu, bela diri membuat anak tenang menghadapi segala ancaman. Mereka belajar mengatasi takut dengan cara merespons ancaman terhadapnya. Oleh karena itu, di hampir seluruh studio atau tempat latihan bela diri, tidak ditemukan musik yang bising atau televisi yang bisa mengganggu konsentrasi anak. Yang ditekankan di bela diri karate adalah olah tubuh dan ketenangan

3. Belajar menerima pukulan
Seni bela diri mengajarkan anak untuk menerima pukulan. Baik itu pukulan secara fisik, maupun pukulan tersirat seperti gagal ujian. Misalnya, anak Anda kalah dalam latihan. Dia belajar menerima kekalahan tersebut. Salah satu bagian dari hidup adalah belajar menerima pukulan. Yang terpenting bagi anak adalah bagaimana mereka meresponsnya dan bangkit. Hal tersebut bisa dipetik dari seni bela diri karate.

4. Belajar untuk percaya diri
Bertarung dengan lawan yang lebih besar dalam latihan bela diri karate bisa membuat kepercayaan diri anak tumbuh. Anak akan belajar dari kekalahan tersebut. Latihan seni bela diri karate yang bagus juga selalu mengajarkan anak Anda untuk rendah hati. Tidak sombong ketika unggul dalam latihan, dan tidak patah menyerah ketika kalah. Anak Anda juga akan diajari menghormati rekan latihan.

5. Belajar menghubungkan pikiran dan raga
Seorang seniman bela diri karate diajarkan untuk melihat, merasakan, dan mendengarkan lingkungan maupun ke dalam diri mereka. Anak akan merespon sebuah ancaman dengan gerakan setelah pikirannya mengirimkan pesan ke raga. Anak akan belajar mengantisipasi sebuah ancaman dengan sebuah gerakan. Ini hasil dari hubungan antara pikiran dan tubuh.

6. Belajar kerja tim dan berinteraksi
Seni bela diri karate juga mengajarkan tentang kerja tim dan interaksi sosial. Saat latihan dalam sebuah kelompok, anak-anak akan belajar berkoordinasi dengan rekan-rekannya. Bagaimana agar gerakan senada-seirama dan sesuai arahan. Apalagi saat lomba berkelompok. Kekompakan anak dengan rekan-rekannya akan diuji.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan pembaca mengenai manfaat Olahraga Seni Beladiri Karate untuk si kecil.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *