Neumba, Sebuah Pemahaman Tentang Reinkarnasi

Masyarakat adat memiliki banyak pengetahuan dan pemahaman dalam hal berladang, membangun rumah, kemudian juga tentang kehidupan setelah mati (Reinkarnasi) atau dalam bahasa Kaili disebut dengan Neumba.

Konon dalam cerita bahwa orang yang Neumba karena memiliki ilmu tertentu (isi Nggoro) semacam pengetahuan soal proses kejadian manusia hingga manusia kembali menghadap sang pencipta, selain itu juga menjadi orang yang baik hati dalam kehidupan sebelumnya mengantarkan seseorang pada reinkarnasi.

Bacaan Lainnya

Orang yang hidup kembali, dipercaya akan menjalani kehidupannnya di tempat lain bahkan ada pula hidup ditempat ia semula.

Agak sulit diterimah oleh akal karena cenderung pada situasi yang sulit pahami oleh sebagian besar manusia karena hal ini semacam mitos, hanya saja kondisi ini benar adanya dan pernah terjadi dalam kehidupan masyarakat adat di Kamalisi.

Dalam satu cerita bahwa yang mengalami reinkarnasi pernah muncul di sebuah pemukiman dalam hutan, mendatangi penduduk kampung dan berkata dirinya adalah sosok yang pernah meninggal puluhan tahun lalu. Selanjutnya sosok itu berkisah tentang masa hidup sebelumnya.

Hal itu, sontak membuat penduduk kaget dan orang yang Neumba tersebut banyak mengetahui tentang kondisi kampung kemudian Ia disegani karena memiliki ilmu yang tinggi. Bersambung....

(Cerita ini sebuah pendekatan mitologi dari Kamalisi dan dikutip dari berbagai sumber)

Oleh :Arman Seli (Penulis adalah Pegiat Masyarakat Adat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *