Perempuan adalah Ciptaan Allah Paling Unik

KOREKSINEWS.id – Perempuan merupakan sosok yang menarik. Tidak akan pernah habis jika di perbincangkan dari zaman ke zaman. Perempuan makhluk ciptaan Allah SWT yang sangat unik.

Perempuan mempunyai keistimewaan yang sangat luar biasa dan mempunyai kelebihan tersendiri sehingga menjadi ciptaan yang spesial dalam al-Qur’an.

Bacaan Lainnya

Dalam diri seorang perempuan mempunyai sifat dan karakter yang sangat khas, karena adanya sifat dan karakter ini perempuan mampu membawa kepribadian berbeda dengan lawan jenisnya.

Beberapa karakter yang memang sudah melekat pada diri seorang perempuan adalah memiliki rasa malu. Rasa malu pada seorang perempuan sudah menjadi sifat dan fitrah seorang perempuan.

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Riyadush Shalihin menjelaskan, bahwa hakikat rasa malu merupakan akhlak yang muncul dari dalam diri untuk meninggalkan suatu keburukan, menghentikan kelalaian dan munculnya perilaku buruk pada orang lain. Seorang perempuan harus bisa menggunakan sifat malu tepat pada tempatnya, dimanapun ia berada.

Lalu sifat seorang perempuan yang kedua yaitu keibuan, perempuan sangat identik dengan sifat keibuan karena ia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kaum laki-laki. Sifat keibuan merupakan manifestasi dari sikap dan sifat seorang perempuan, sehingga ia bisa mendidik, mengayomi dam mengasuh anak-anaknya.

Sifat yang ketiga seorang perempuan yaitu mandiri. Perempuan yang mandiri mampu mengatur dirinya sendiri, cakap bertindak tanpa harus diperintah orang lain. Islam memberi peluang kepada perempuan agar mandiri dan menjadi orang yang kuat dan tangguh.

Tujuan ini agar perempuan dapat mendidik generasinya menjadi manusia yang tangguh. Tanpa adanya bekal ilmu agama, sifat mandiri tidak bisa berjalan dengan baik.

Sifat yang selanjutnya yaitu manja, salah satu sifat yang sangat dikaitkan oleh perempuan. Bagi sebagian orang manja selalu diartikan tidak baik dan merugikan orang lain. Padahal sifat manja sebenarnya telah lama melekat di dalam diri seseorang semenjak dalam kandungan.

Sifat manja merupakan hal yang sah-sah saja, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan dan tidak membuat orang lain merasa jengkel.

Salah satu contoh para istri Rasulullah SAW suka sekali bermanja-manja dengan beliau. Salah satunya ialah Aisyah, ia mempunyai sifat manja, dan periang bahkan terkadang kekanak-kanakan. Hal seperti itu sebagai contoh bahwa sifat manja adalah anugerah hidup perempuan yang harus dijaga dan dipelihara sebaik mungkin, karena itu bentuk jalan menuju rumah tangga yang bahagia.

Sifat yang dimiliki perempuan selanjutnya yaitu teliti, sifat ini melekat pada seorang perempuan yang harus dipelihara sebaik mungkin. Perempuan senang sekali memperhatikan sesuatu secara detail. Maka dari itu menjadi seorang perempuan harus bisa cermat terhadap segala sesuatu. (**)

Editor: Jaya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *