Refleksi Tahunan Kinerja Pemda, Monitoring dan Evaluasi

OPINI – Refleksi tahunan kinerja pemerintah daerah (Pemda) merupakan gambaran secara utuh sejauh mana capaian (progress) kinerja pemerintahan dalam setiap tahunnya terhadap perwujudan visi misi pemerintah daerah yang tertuang dalam program kerja jangka pendek maupun program kerja jangka panjang.

Kegiatan refleksi tahunan bukan hanya sekedar kegiatan seremonial (eksistensi) belaka, sebagai bentuk rasa syukur atas keberlangsungan pemerintahan (kepemimpinan), namun sejatinya dapat dijadikan momentum evaluasi dan monitoring terhadap capaian kinerja Pemda yang merupakan esensi dari kegiatan refleksi tahunan tersebut.

Bacaan Lainnya

Transparansi capaian pelaksanaan kegiatan maupun program oleh Pemda dalam setiap tahunnya merupakan bentuk pertanggung jawaban moral pemerintah terhadap masyarakat (konstituen) atas janji politik (kontrak politik) semasa kampanye terdahulu.

Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan pengelolaan sumber daya, pemerintah berkewajiban melaporkan dan mengungkapkan segala aktifitas dan kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya publik kepada masyarakat selaku pemberi mandat (akuntabilitas).

Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, “bahwa kepala daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah baik kepada pemerintah pusat, DPRD, maupun kepada masyarakat dalam setiap tahunnya.

Dibutuhkan keterbukaan informasi yang seluas luasnya terhadap capaian (progress) kinerja Pemda dalam setiap tahunnya. Baik itu kegiatan atau program yang sudah terlaksana, yang belum maksimal, ataupun yang tidak terealisasi agar masyarakat (publik) dapat menjadikan dasar/landasan sebagai tolok ukur dalam memonitoring dan mengevaluasi serta melakukan penilaian secara objektif.

Dengan akuntabilitas dan transparansi, akan memberi ruang bagi masyarakat (publik) untuk memunculkan dan mengungkapkan kritik konstruktif sebagai bentuk partisipasi dan sebagai upaya bersama dalam mengoptimalkan segala program maupun kegiatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.(**)

Oleh : Muhammad Khalid

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *