Sulbar Dapat DIPA 2024 Sebanyak Rp 6,6 Triliun

MAMUJU – Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh menyerahkan secara digital Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun anggaran 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Graha sandeq, kompleks Kantor Gubernur Sulbar, Jumat ,15 Desember 2023 dihadiri seluruh instansi vertikal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) se Sulbar, serta Kepala OPD lingkup Pemprov Sulbar.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Prof Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, sebanyak lima fokus Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2024 yang harus menjadi perhatian serius di Sulbar.

“Mulai dari perbaikan kualitas SDM, pemberian subsidi dan bantuan sosial, peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja negara, percepatan transformasi ekonomi hijau, serta penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah,” kata Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Dia juga mengungkapkan, langkah yang harus dilakukan dalam dalam memperbaiki kualitas SDM, yakni mendesain SDM untuk meningkatkan IPM. Menurutnya, SDM dapat ditingkatkan melalui tiga faktor, mulai dari kesehatan, pendidikan dan ketenagakerjaan.

“Jadi, perbaikan kualitas SDM dapat dilakukan jika SDM nya sehat, usianya lebih panjang, serta yang stunting tidak ada, kemiskinan ekstrim dapat ditekan, karena itu merupakan prioritas-prioritas besar yang harus kita lakukan,” ujarnya.

Lanjut Sestama BNPP ini menjelaskan, pemberian dana alokasi dari pusat sebesar kurang lebih Rp 6,6 triliun merupakan angka yang besar untuk dioptimalkan pengalokasiannya oleh semua instansi vertikal dan daerah otonom (enam kabupaten dan provinsi).

“Nah, oleh karena itu saya minta, segera laksanakan eksekusi secara cepat, lakukan lelang pra DIPA, kemudian belanja secara e katalog dan lakukan prioritas-prioritas dan fokus dengan langkah-langkah yang efektif dan efisien,” tutur Prof Zudan Arif Fakrulloh. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *