Survei LSI Denny JA: Prabowo Unggul di 3 Provinsi, Ganjar di 2 Provinsi

JAKARTA | KOREKSINEWS – Lembaga Survei LSI Denny JA merilis survei elektabilitas capres berdasarkan 5 provinsi dengan populasi pemilih terbesar di 2024. Survei tersebut menunjukkan Prabowo Subianto unggul di 3 provinsi, sedangkan Ganjar Pranowo di 2 provinsi.

Survei ini digelar pada 3 hingga 14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei diambil dengan metode multi-stage random sampling.

Bacaan Lainnya

Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,9%.

Survei Populi Center: Prabowo 35,8%, Ganjar 34,4%, Anies 21,5%
Berikut ini elektabilitas 3 capres di 5 provinsi Indonesia dengan populasi pemilih 57.6%:

Jawa Barat

Prabowo Subianto 29%
Anies Baswedan 26,3%
Ganjar Pranowo 15%
TT/TJ 29,7%

Jawa Timur

Ganjar Pranowo 35,3%
Prabowo Subianto 20,2%
Anies Baswedan 8,2%
TT/TJ 36,3%

Jawa Tengah

Ganjar Pranowo 55,2%
Prabowo Subianto 20,4%
Anies Baswedan 4,3%
TT/TJ 20,1%

Sumatera Utara

Prabowo Subianto 50%
Anies Baswedan 32,6%
Ganjar Pranowo 16,2%
TT/TJ 1,2%

Banten

Prabowo Subianto 48,2%
Anies Baswedan 17,5%
Ganjar Pranowo 4,3%
TT/TJ 30%

“Jadi dari teritori yang ada, dari 5 provinsi terbesar yang kita amati, Prabowo menang di 3 provinsi, Pak Ganjar menang di 2 Provinsi. Pak Prabowo unggul di Jawa Barat, Sumatera Utara, kemudian juga di Provinsi Banten. Kemudian Pak Ganjar unggul di Jawa Timur dan di Jawa Tengah,” kata pembicara LSI Denny JA Ardian Sopa saat memaparkan survei, Senin (29/5/2023).

Ardian lantas menyoroti secara khusus lumbung suara di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang sampai saat ini masih diungguli oleh Ganjar Pranowo. Dia menyebut kedua provinsi ini akan jadi battleground untuk relawan Jokowi yang mendukung Prabowo dan mendukung Ganjar.

“Ini pasti buat relawan-relawan atau buat kandidat-kandidat lain ini jadi battleground juga. Peta pertempuran yang nantinya akan sengit kalau kita lihat. Apa lagi misalnya 2 provinsi ini akan jadi pertarungan relawan Jokowi pro Prabowo dan relawan Jokowi pro Ganjar,” ujar dia.

“Karena sama-sama kita saksikan dan kita baca sudah ada deklarasi-deklarsi relawan Jokowi yang dukung Prabowo dan relawan Jokowi yang dukung Pak Ganjar. Dua-duanya kita lihat sama-sama kuat, kita lihat pertarungan di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” lanjutnya.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *