Tambang Emas Ilegal Disoroti, oknum PNS Ancam Bunuh Wartawan

KOREKSINEWS.id –  Penambangan emas tanpa izin dikelolah secara ilegal di Kecamatan Muara Siau, Kabupaten Maragin, Provinsi Jambi yang diberitakan oleh salah satu media online berbuntut panjang, hingga pengancaman kepada wartawan.

Hal itu dialami Irwanto wartawan media online Invetigasinews.com selaku kepala biro Kabupaten Maragin, Provinsi Jambi, Senin (11/5/2020).

Bacaan Lainnya

Ancaman itu, di lontarkan oleh salah satu oknum PNS Inisial J terhadap wartawan, pada saat dirinya berada di posko Covid-19.

“Saat itu saya ada di posko Covid–19 oknum tersebut tiba-tiba mengancam dengan alasannya usaha tambang emas ilegalnya, terganggu dengan pemberitaan yang tayang di media, ancamannya disaksikan oleh para aparatur,” kata Irwanto.

Hal tersebut membuat geram Pemimpin Redaksi Globalinvestigasinews.com Darsono mengatakan, akan membawa kasus ini ke ranah hukum, karena sudah menyangkut keselamatan dan nyawa wartawannya.

Menurut Darsono, bahwa tindakan tidak terpuji dan memalukan ini tak pantas dipertunjukkan dari seorang aparatur Negara, apalagi dengan menggunakan kata  ‘membunuh’.

“Ini sudah tidak bisa dibiarkan, karena Jurnalis yang sedang menjalankan tugas profesinya sebagai kontrol sosial, karena sudah bisa diancam pidana,” ucapnya.

“Karena kerja jurnalistik saat menjalankan tugas di lindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan kode etik jurnalistik,” jelasnya.

Maka dari itu, Darsono selaku pemimpin redaksi, tidak ragu untuk menjerat siapapun pelaku kriminalisasi terhadap pekerja pers ke meja hijau.

“Karena, kerja wartawan merupakan perpanjangan tangan rakyat yang dilindungi oleh undang-undang. Kalau ada pihak yang tidak suka kepada wartawan, artinya dia ada masalah dengan rakyat atau ada indikasi melanggar hukum,” tutup Darsono.#Dar/Red.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *