Tangkal Konten Hoaks, Pemkot Palopo bersama HMI Gelar Seminar Nasional Literasi Digital

PALOPO | KOREKSINEWS.id – Mewakili Wali Kota, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Palopo, Subair, SH membuka secara resmi kegiatan Seminar Nasional Literasi Digital digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Palopo berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Kegiatan itu mengusung tema “Penguatan Literasi Digital bagi Pemuda(i) dalam Menghadapi Era Society 5,0” dilaksanakan di Palopo Beach Hotel, Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Rabu (30/8/ 2023).

Bacaan Lainnya

Andi Muh Irfandi Thamrin, dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada pembukaan kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting, karena disadari bersama bahwa di era sekarang ini media sosial itu bisa dikatakan “semakin jahat”, dimana banyak terjadi penipuan konten, hoaks, dan lain lain.

“Terlebih momentum sekarang itu momentum politik, banyak hoaks bertebaran di media sosial. Maka dari itu penting untuk kita pelajari bagaimana mengatasi hoaks dan kejahatan konten lainnya melalui literasi digital ini,” ungkap Andi Muh Irfandi Thamrin.

Wali Kota Palopo dalam sambutan tertulisnya disampaikan Kabag Hukum Setda, Subair, SH mengungkapkan, kemudahan dalam penggunaan teknologi digital, diharapkan kepada semua pihak untuk untuk bijak dalam memanfaatkanya, pada saat mengakses informasi yang dibutuhkan dan juga ketika saat melakukan proses komunikasi.

“Harapan kita semua, proses literasi digital saat berlangsung, hasil yang di dapat adalah hal-hal positif, dan sekuat tenaga untuk menghindari hal- hal negatif, baik sebagai pemuda, mahasiswa, juga menghindari hal-hal yang berdampak hukum,” kata Subair.

“Karena prinsipnya menurut ahli, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya,” terangnya.

Subair menambahkan, dengan kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.

“Saya berharap kegiatan seminar ini dapat di ikuti oleh para peserta dengan sungguh-sungguh, dan bisa bermanfaat untuk kehidupan kita dalam aktifitas yang dilaksanakan,” pesan Subair.

Hadir pada pembukaan itu perwakilan unsur Forkopimda kota Palopo, para narasumber, Kadis Kearsipan, perwakilan Kadis Kominfo, pimpinan lembaga kampus Kota Palopo, Presidium MD KAHMI Kota Palopo, presidium MD Kohati Kota Palopo, Ketua Umum HMI Cabang Palopo, Kohati Palopo, dan undangan lainnya.(HmsKom)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *